Kamis, 11 Juni 2020

Cara Efektif Mencari Ide Bisnis Buat Kamu yang Ingin Punya Usaha


Haloo! Dipostingan saya kali ini, saya akan menjelaskan tentang "Cara Menemukan Ide Bisnis"
Apakah kamu ingin punya bisnis?  Tapi kamu masih bingung dari mana kamu harus memulainya karena kamu belum punya ide bisnis?
Tenang, kamu gak sendirian, banyak kok di luaran sana yang sama seperti kamu, namun mereka mampu memulai bisnis karena mereka menemukan ide yang pas kemudian praktek.
Sebenarnya ada teknik atau cara yang bisa memancing ide kreatif kamu muncul. Kamu hanya perlu tenang tak perlu kebingungan. Kita sama sama diberi akal untuk berpikir. Jadi manfaatkan sebaik mungkin.

Cara menemukan ide bisnis
1.      Mulai dari mindset memenuhi kebutuhan orang lain agar kamu menemukan ide “menarik”.
Kamu tentu paham bahwa bisnis  yang sukses adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan orang banyak.Bener gak?
Coba kamu perhatikan penjelasan berikut ini agar di pikiran kamu muncul banyak ide bisnis.
Kebutuhan itu ada banyak misalkan :
a.       Butuh karena  muncul trend misal model trend baju jaman now dll. Maka muncullah bisnis butik, para penjahit atau tailor, pakaian bekas dan bisnis fashion.
b.      Ada juga yang butuh karena gengsi gengsian atau glamor. Maka muncul bisnis seperti otomotif mewah, sewa mobil mewah, baju  model baru, furniture mewah, hingga bisnis Travel mewah.
c.       Kebutuhan olah raga. Maka muncullah lapangan futsal, sewa billiard, sewa fitnes hingga sewa dan jual beli peralatan olah raga.
d.      Kebutuhan pokok seperti makanan, minuman, pangan. Maka muncullah bisnis kuliner sukses, petani sukses, peternak sukses hingga tukang tengkulak sukses.
e.       Kebutuhan hiburan. Maka muncul bisnis seperti Game, Youtube, Andong Andong, tempat wisata atau water park, panggung hiburan hingga tempat karaoke.
f.       Kebutuhan mencari informasi. Maka muncul lah pengusaha besar sekaligus penguasa internet seperti Google search engine. Media informasi seperti blog, situs berita, majalah, hingga radio.
g.      Kebutuhan teknologi seperti penciptaan gadget baru hingga para penjual aksesoris teknologi. Dan masih banyak lagi, silahkan kamu buat versi kamu.

2.      Bawa buku catatan kecil dan alat tulis, lalu coba mulai perhatikan lingkungan, kemudian catat dengan cara membuat pertanyaan
Ketika kamu berada di kota, di desa, ditempat liburan atau dimanapun, coba renungkan dan perhatikan.
Lalu, buat pertanyaan yang memancing ide kamu seperti :
a.       Misalkan kamu sedang melihat pengusaha atau bisnis, apakah bisa bisnis itu saya ikuti, apakah ada ide inovasinya. Atau…? Bagaimana peluangnya ya?
b.      Apa ya yang sedang mereka butuhkan ya?
c.       Jika kamu melihat sesuatu kegiatan, apakah ada peluang bisnis nya ya yang bisa saya garap?
d.      Apakah hobi saya bisa diterapkan untuk seperti yang kamu lihat.
Dan buat versi bebas kamu. Pancing kreatifitas kamu.

Nah kamu tentu punya cara sendiri kan? Kamu punya segudang pertanyaan kreatif yang bisa kamu buat untuk menemukan ide tersebut. Coba terus dan mudah mudahan kamu akan menemukan ide bisnis yang menarik. Bukan hanya itu. Bahkan ketika kamu nonton televisi atau berselancar di internet, kamu bisa membuat pertanyaan atau memperhatikan dari apa yang ada untuk menemukan ide bisnis.

3.      Mulai dari hobi kamu, ini merupakan saran dari sebagian besar pakar bisnis
Bisnis yang sesuai hobi biasanya akan membuat seseorang menikmati proses bisnis nya. Mengapa? Sudah jelas sekali bahwa jika bisnis tersebut sesuai hobi kamu, maka kamu tidak akan pernah merasa bekerja, karena kamu sedang menjalankan hobi kamu kan? Semuanya terasa ringan oleh kamu karena kamu suka.

Kamu bisa mencoba melakukan analisa pasar terkait hobi kamu. Coba ketahui, apakah ada peluang pasar yang bisa kamu raih dari hobi kamu tersebut.
a.       Misalnya kamu hobi desain grafis, kamu bisa mencoba menjadi foto editor sekaligus fotografer. Jual foto kamu secara online.
b.      Jika kamu hobi memasak, kamu bisa mencoba usaha kuliner.
c.       Jika kamu hobi menulis, kamu bisa mencoba bekerja menjadi penulis lepas.

Silahkan kamu ambil selembar kertas, lalu kamu tulis apa saja yang paling kamu sukai. Lalu coba analisa apakah ada peluang bisnis yang bisa kamu garap berdasarkan apa yang kamu sukai tersebut. Cara ini cukup efektif lho, coba saja kamu perhatikan, begitu banyak pengusaha sukses yang awalnya hanya sekedar hobi, tapi berubah menjadi bisnis besar.



Kesimpulan:
Yakinlah bahwa kamu akan menemukan banyak sekali ide. Jangan pernah ragu dengan diri kamu. Mulailah untuk percaya diri.
Setelah kamu menemukan ide, tetap lakukan analisa yang lengkap mulai dari modal yang dibutuhkan hingga cara kamu menjalankan bisnis tersebut. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar