Manusia merupakan makhluk sosial yang saling
membutuhkan satu sama lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari pasti manusia
membutuhkan produk, yang mana beberapa produk tersebut merupakan salah satu
kebutuhan manusia untuk bisa memenuhinya dalam kehidupan, sebagai contohnya
kebutuhan primer seperti makanan.
A.
Pengertian
Produk
Secara umum definisi Produk adalah hasil jadi dari
sebuah proses yang dilakukan oleh pembuat atau produsen yang kemudian akan
didistribusikan kepada pembeli atau konsumen sesuai yang dibutuhkannya. Dalam
kehidupan sehari-hari sebagian masyarakat juga akan memilih, membeli produk
yang harganya relatif murah dan bisa dijangkau sesuai kemampuannya. Dalam hal
ini tentu pilihan produk-produk yang menyebar dimasyarakat luas sangatlah
banyak dan sebagian besar diantaranya merupakan produk-produk yang riil.
B.
Menentukan
Harga Jual produk
Menjalankan sebuah bisnis jual-beli tidak akan
terlepas dari permasalahan harga. Harga memegang peranan penting dalam
terjadinya kesepakatan jual-beli dari produsen ke tangan konsumen. Melalui
penetapan harga, akan terlihat posisi kelayakan produk dari nilai ekonomisnya.
Oleh karena itu, dengan permasalahan ini perusahaan biasanya mengadakan
penetapan harga yang disepakati sebelum barang beredar di pasaran. Secara umum,
terdapat 4 metode untuk menentukan harga yaitu, metode penetapan harga berbasis
permintaan, berbasis biaya, berbasis laba dan berbasis persaingan.
1. Berbasis
Permintaan
Suatu metode yang menekankan pada berbagai faktor yang memengaruhi selera
dan kesukaan pelanggan berdasarkan kemampuan dan kemauan pelanggan untuk
membeli, manfaat yang diberikan produk dan perilaku konsumen secara umum.
2. Berbasis Biaya
Faktor penetapan yang dipengaruhi aspek penawaran atau biaya dan bukan
aspek permintaan. Harga akan ditentukan berdasarkan biaya produksi dan
pemasaran produk yang ditambah dengan jumlah tertentu sehingga menutupi biaya
langsung, overhead, dan juga laba/rugi.
3. Berbasis
Laba
Penetapan yang didasarkan pada keseimbangan biaya dan pendapatan. Metode
ini memiliki 3 pendekatan yaitu, target profit pricing (berdasarkan target
keuntungan), target return on sales pricing (berdasarkan penjualan) dan target
return on investment pricing sebuah perusahaan.
4. Berbasis
Persaingan
Penetapan yang dilakukan dengan mengikuti apa yang dilakukan pesaing.
Metode ini memiliki 3 pendekatan melalui sistem penjualan di bawah harga normal
pesaing untuk menarik konsumen, menyamakan harga agar persaingan tidak terlalu
besar atau memberi harga lebih tinggi dari pesaingnya dengan asumsi bahwa
produk yang mereka tawarkan memiliki kualitas lebih baik.
Untuk meningkatkan kesuksesan bisnis anda, ketahuilah
beberapa strategi dalam penentuan harga jual berikut pembahasannya :
1. Mengikuti
Harga Yang disarankan Perusahaan
Ini merupakan strategi penentuan harga jual mengikuti
saran saran pabrik/perusahann kepada pelanggan anda, sebagian perusahaan menyarankan
seperti harga jual seperti ini untuk menciptakan standarisasi harga terhadap
produk tersebut.
2. Keystone
Pricing
Ini merupakan teknik menentukan harga yang sering
dilakukan oleh para retailer yaitu hanya dengan menggandakan dari harga pokok untuk
menentukan harga jual. Teknik ini tidak bisa diterapkan untuk semua jenis
produk, karena tidak semua produk bisa anda jual dengan harga setinggi itu
sebelum menggunakan teknik keystone fikirkan terlebih dahulu apakan harga ganda
tersebut masuk akan untuk produk tersebut? Memang dengan menggunakan teknik ini
anda dengan mudah dapat menentukan harga jual, namun tidak bisa dipraktekkan
untuk semua produk.
3. Harga
Diskon
Costumer sangat tertarik dengan potongan harga, salah
satu strategi penentuan harga jual yaitu dengan memberi beberapa potongan
harga, hal ini juga merupakan salah satu taktik dalam mensukseskan bisnis anda.
Namun juga tetap harus mempelajari cara menentukan harga diskon agar tetap
memberi keuntungan.
4. Harga Unik
Penjual sering kali menentukan harga jual dengan angka
akhir yang lumayan unik seperti angka 9, 5 atau 7. Dan ternyata penggunaan
angka akhir ini seperti memberikan keuntungan tersendiri bagi penjual, bila
sebuah produk yang sama memiliki harga Rp. 1000 dan Rp. 950 maka anda tentu tau
harga mana yang dipilih costumer bukan?
5. Menjual Murah
Anda dapat menentukan harga jual produk dengan
memperhatikan harga jual dari pesaing anda, maka untuk menarik perhatian
pelanggan maka anda dapat menjual sedikit lebih murah dari mereka. Namun
pertimbangkan juga keuntungannya anda nantinya, jangan menjual terlalu murah.
Itulah 5 strategi penentuan harga jual yang dapat
menjadi acuan anda dalam menentukan harga jual suatu produk, tentukan harga
jual produk anda dengan baik, karena akan berdampak pada untung rugi bisnis
anda. Semakin baik penentuan harga jual maka diharapkan akan berbanding lurus
dengan keuntungan yang didaptkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar